Mission Critical Application

Buat: 06/14/2013 - 09:54

Dear PHP Indonesia!

Tanggal 12-Juni 2013 beberapa waktu lalu, saya bersama dengan Ari Ratic, dan Dewi Susilowati, mewakili PHP Indonesia bertemu dengan Pak Fiertra Cahya dan Team dari PT. IBM Indonesia. Beliau adalah Product Manager IBM Indonesia. Kami disambut dengan luar biasa, meskipun agak terlambat sekitar 45 Menit. Terima kasih untuk IBM Indonesia yang sudah menerima kami dan berbagi resource dan pengetahuan mengenai dunia IT khususnya PHP on i-system.

Pak Fiertra banyak berbagi pengalaman seputar strategi dan tehnis bagaimana PHP bisa bekerja di lingkungan server-server IBM. Sesi selanjutnya tentu saja, sesi yang paling ditunggu-tunggu, test trial aplikasi PHP+MySQL di i-system. Benar saja, PHP di i-system bisa bekerja secara normal di mesin-mesin i-system dengan catatan bahwa tentu saja ada penyesuaian-penyesuaian sedikit agar dapat membuat PHP+MySQL bekerja normal di mesin i-system.

Kesimpulan akhir untuk sesi ini adalah: Bahasa Pemgrograman PHP dapat bekerja dengan baik di mesin i-system. Itu artinya engineer PHP kini memiliki peluang untuk bekerja di perusahaan-perusahaan (terutama perusahaan di sektor perbankan) yang banyak menggunakan mesin-mesin IBM.

Tidak selesai sampai disini, di akhir sesi meeting kamipun banyak berbincang beraneka ragam tapi ada satu hal yang sangat menarik perhatian saya mengenai salah satu ucapan Pak Fiertra mengenai Mission Critical Application. Apa itu Mission Critical Application? Menurut Pak Fiertra, MCA (disingkat saja seperti itu) adalah aplikasi yang teramat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Aplikasi yang jika terjadi hang, crash, hilang, atau bermasalah maka akan berakibat fatal buat sebuah organisasi atau perusahaan.

Saya sangat tertarik dengan ide ini karena saya justru memandangnya bukan hanya dari aspek tehnis, yaitu bagaimana kita membuat aplikasi seperti ini, aplikasi yang memiliki MCA yang tinggi. Kata Pak Fiertra, reliability tinggi, accessibility tinggi dan service yang bagus. Saya memandang hal ini juga dari sudut pandang bisnis dan enterpreneurship. Jika software engineer selalu berpikir untuk membuat aplikasi yang sifatnya MCA tadi, saya yakin bahwa aplikasi itu tidaklah mungkin mudah dan tidaklah mungkin MURAH.

Nah, jika kita sudah berbicara aplikasi yang tidak murah, tentu ini akan jadi semacam insentif dan penyemangat buat software engineer dalam aktivitas harian terus berkutat dalam riset dan pengembangan aplikasi sendiri. Menggugah hati programmer untuk berpikir taktis dan strategis memang tidak mudah. Banyak programmer yang terlalu sibuk belajar, riset tanpa pernah menyadari apa tujuan akhir dari semua proses belajar ini.

Saya menyadari bahwa semua ini akan kembali berpulang kepada setiap programmer, apa yang menjadi motivasi seseorang orang terjun dalam dunia programming. Artikel ini mungkin tidak untuk semua programmer, tapi saya yakin ada yang sependapat dengan tujuan dari penulisan artikel ini. Saya ingin membukakan wawasan programmer untuk selalu belajar dan berpikir taktis dengan semua yang kita kerjakan di dunia programming. Belajar tiada henti memang sudah jadi destiny setiap programmer, tapi belajar untuk mencapai misi membuat aplikasi yang sifatnya Mission Critical tentu bisa dijadikan tujuan yang baik. Caranya?

Gampang saja, jawablah beberapa pertanyaan berikut. Di perusahaan seperti apa yang paling anda ingin bekerja? Anda bekerja di perusahaan apa sekarang? Jika anda freelancer, aplikasi apa yang pernah anda buat? Jika sudah bisa menjawabnya, pertanyaan berikut, apakah aplikasi yang akan anda buat atau aplikasi yang sudah anda buat itu merupakan aplikasi Mission Critical? Apakah aplikasi itu hanya aksesoris sebuah organisasi? Artinya tanpa aplikasi andapun perusahaan itu akan baik-baik saja atau justru tanpa aplikasi anda perusahaan tersebut akan goyah dan kerepotan? Jika iya, maka menurut Pak Fiertra aplikasi anda itu tergolong Mission Critical Application.

Selamat berjuang kawan! Untuk hari depan yang lebih indah gemilang...

About Author

Tentang PHP Indonesia

PHP Indonesia adalah sebuah komunitas untuk semua orang yang mencintai PHP. Fokus utama kami adalah pemrograman menggunakan bahasa PHP, namun tidak menutup kemungkinan pembahasan yang mencakup keseluruhan LAMP stack. Topik bisa dari pemrograman PHP, penanganan memcached, optimasi database, konfigurasi server, tuning server web, application deployment, framework PHP, hosting pilihan dan sebagainya.

Petunjuk Penulisan

Berikut ini adalah beberapa petunjuk penulisan artikel. Petunjuk dibuat bukan untuk membatasi tetapi demi menjaga kualitas artikel yang terpublikasi di situs ini. Selain itu, keseragaman gaya bahasa dapat menjaga readibilitas (tingkat keterbacaan) sehingga pembaca akan lebih nyaman dalam membaca artikel di situs ini.