Mengenal Pemrograman PHP

Buat: 01/24/2013 - 13:28
Mengenal Pemrograman PHP

PHP adalah singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor yang digunakan sebagai bahasa script server-side dalam pengembangan Web yang disisipkan pada dokumen HTML. Berbeda dengan HTML yang hanya bisa menampilkan konten statis, PHP bisa berinteraksi dengan database, file dan folder, sehingga membuat PHP bisa menampilkan konten yang dinamis dari sebuah website. 

Karena penggunaan PHP memungkinkan Web dapat dibuat dinamis, maintenance situs Web tersebut menjadi lebih mudah dan efisien. PHP merupakan software Open-Source yang disebarkan dan dilisensikan secara gratis serta dapat di-download secara bebas dari situs resminya http://www.php.net. PHP ditulis menggunakan bahasa C. 

Riwayat PHP

PHP diciptakan pertama kali Oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994. Awalnya, PHP digunakan untuk mencatat jumlah serta untuk mengetahui siapa saja pengunjung pada homepage-nya. Rasmus Lerdorf adalah salah seorang pendukung open source. Oleh karena itu, ia mengeluarkan Personal Home Page Tools versi 1.0 secara gratis, kemudian menambah kemampuan PHP 1.0 dan meluncurkan PHP 2.0. 

Pada tahun 1996, PHP telah banyak digunakan dalam website di dunia. Sebuah kelompok pengembang software yang terdiri dari Rasmus, Zeew Suraski, Andi Gutman, Stig Bakken, Shane Caraveo, dan Jim Winstead bekerja sama untuk menyempurnakan PHP 2.0. Akhirnya, pada tahun 1998, PHP 3.0 diluncurkan. Penyempurnaan terus dilakukan sehingga pada tahun 2000 dikeluarkan PHP 4.0. Tidak berhenti sampai disini kemampuan PHP terus bertambah, dan sampai saat ini versi terbaru PHP yang telah dikeluarkan adalah PHP 5.0.x. 

Keunggulan PHP

PHP memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh bahasa script sejenis. PHP difokuskan pada pembuatan script server-side, yang bisa melakukan apa saja yang dapat dilakukan oleh CGI, seperti mengumpulkan data dari form, menghasilkan isi halaman web dinamis, dan kemampuan mengirim serta menerima cookies, bahkan lebih dari pada kemampuan CGI. 

PHP dapat digunakan pada semua sistem operasi, antara lain Linux, Unix (termasuk variannya HP-UX, Solaris, dan Open BSD), Microsoft Windows, Mac OS, RISC OS. PHP juga mendukung banyak Web Server, seperti Apache, Microsoft Internet Information Server (MIIS), Personal Web Server (PWS), Netcape and iPlanet servers, Oreilly Website Pro Server, audium, Xitami, OmniHTTPd, dan masih banyak lagi lainnya, bahkan PHP dapat bekerja sebagai suatu CGI Processor. 

PHP tidak terbatas pada hasil keluaran HTML (Hyper Text Markup Language). PHP juga memiliki kemampuan untuk mengolah keluaran gambar, file PDF, dan movie flash. PHP juga dapat menghasilkan text seperti XHTML dan file XML lainnya. 

Salah satu fitur yang dapat diandalkan oleh PHP yakni dukungannya terhadap banyak database seperti Adabas D, dBase, Direct MS-SQL, Empress, FrontBase, Hyperwave, IBM DB2, Informix, Ingres, Interbase, MSQL, MySQL, ODBC, Oracle, Ovrimos, PostgrSQL, Solid, Sybase, Unix DBM dan Velocis. Umumnya database MySQL digunakan untuk bekerja sama dengan PHP.

Sintaks PHP

Sintak Program atau Script PHP ditulis dalam apitan tanda khusus PHP. Ada tiga macam pasangan tag PHP yang dapat digunakan untuk menandai blok script PHP, yakni sebagai berikut : 

  1. <?php ... ?> 
  2. <script language=”PHP”> ... </script> 
  3. <? ... ?> 

Cara 1 dan 2 merupakan cara yang paling umum digunakan sekalipun cara 3 tampak lebih praktis karena cara 3 tidak selalu diaktifkan pada konfigurasi file php.ini yang terdapat pada direktori c:\apache\php.

 

Tags: 

About Author

Tentang PHP Indonesia

PHP Indonesia adalah sebuah komunitas untuk semua orang yang mencintai PHP. Fokus utama kami adalah pemrograman menggunakan bahasa PHP, namun tidak menutup kemungkinan pembahasan yang mencakup keseluruhan LAMP stack. Topik bisa dari pemrograman PHP, penanganan memcached, optimasi database, konfigurasi server, tuning server web, application deployment, framework PHP, hosting pilihan dan sebagainya.

Petunjuk Penulisan

Berikut ini adalah beberapa petunjuk penulisan artikel. Petunjuk dibuat bukan untuk membatasi tetapi demi menjaga kualitas artikel yang terpublikasi di situs ini. Selain itu, keseragaman gaya bahasa dapat menjaga readibilitas (tingkat keterbacaan) sehingga pembaca akan lebih nyaman dalam membaca artikel di situs ini.