Membedah Error: mysql_fetch_array(): Supplied Argument is not a Valid MySQL Result

Buat: 06/15/2013 - 11:26
Membedah Error: mysql_fetch_array(): Supplied Argument is not a Valid MySQL Result

Tidak ada yang salah memberikan pertanyaan yang berulang-ulang. Namun akan salah bila kita tidak tahu sumber masalahnya berasal. Kita tentu akan stress akan peringatan ini (warning/peringatan), ujung-ujungnya bisa membuat kita panik! Namun jangan panik. Karena jika panik, kita tidak akan menemukan jawabannya.

Beberapa tulisan ini saya arahkan ke blog saya untuk kejelasan, karena tulisan ini sangat singkat

// Warning: mysql_fetch_array(): supplied argument is not a valid MySQL...

Beberapa kali saya menemukan ada yang memberikan pertanyaan yang sama. Tetapi berkali-kali jawabannya sama juga. Saya berusaha memberi kemudahan dalam membuat pertanyaan seputar pertanyaan mysql dan database ini. Pertama klik link tulisan yang saya berikan disebelah. Itu akan membawa anda ke http://adapani.blogspot.com/search/label/database (tag database). Ada beberapa tulisan penting yang bisa anda baca. Jawaban untuk masalah ini adalah:

Tapi untuk catatan sebelum bertanya. Coba lihat flow hingga muncul warning tersebut.

Semua flow berawal dari connection hingga mysql_fetch_array. Jalankan script dan liat kemungkinan error yang terjadi.

 

Koneksi ke Database

Semua menjalankan sebuah query, koneksinya harus dibuat terlebih dahulu. Koneksi bisa saja gagal atau kalau berhasil belum tentu kita memiliki akses pada database tersebut. Bila koneksi gagal maka kebawahnya akan selalu gagal. Tapi bagaimana kalau kita tidak punya akses? Itu akan dibahas dibawah.
 

Akses ke Database

Sebenarnya ini termasuk dalam Connection, tetapi dari pertanyaan yang diberikan selalu memakai mysql_select_db. Disini saya menjelaskan bahwa belum tentu koneksi di atas akan mau baca database. Misalnya, database 'pertanian' tidak dapat dibaca oleh user 'perhutanan'.
 

Query

Kebanyakan error terjadi dimulai dari sini. Tidak semua berhasil dijalankan. Itu sebabnya kamu harus pecah-pecah (mem-break-down) masalah untuk tahu apa yang salah. Seperti ada var yang salah letak atau lainnya. Penulisan query juga jangan di anggap remeh. Karena kita pasti suatu saat harus menjalankan query yang panjang. Tulislah query tersebut dengan rapi, masukkan enter setelah tiap segmen query. Karena jika menulis tanpa ada enter, malah dapat menyulitkan kita buat memecah masalah.
 
Tidak hanya kerapian, kehati-hati juga sangat diperlukan dalam menulis query. Apalagi kalau tulisan kamu terlalu rapat. Belum lagi jika ada kutip yang kurang dan lain-lain. Sebenarnya kalau mencari kesalahan query lebih mudah jika dibandingkan dengan kesalahan pada variabel. Misalnya kamu harusnya baca semua data berawalan A, eh malah salah ketik jadi baca yang berawalan B.
 

Kesimpulan

Tulisan ini adalah kesimpulan dari semua tulisan saya tentang kesalahan yang sering terjadi ketika eksekusi query di mysql. Link-link yang saya sebutkan di atas, bisa anda cari di website saya, http://adapani.blogspot.com dengan memilih tag Database dan mysql juga Ask2Solve

About Author

Tentang PHP Indonesia

PHP Indonesia adalah sebuah komunitas untuk semua orang yang mencintai PHP. Fokus utama kami adalah pemrograman menggunakan bahasa PHP, namun tidak menutup kemungkinan pembahasan yang mencakup keseluruhan LAMP stack. Topik bisa dari pemrograman PHP, penanganan memcached, optimasi database, konfigurasi server, tuning server web, application deployment, framework PHP, hosting pilihan dan sebagainya.

Petunjuk Penulisan

Berikut ini adalah beberapa petunjuk penulisan artikel. Petunjuk dibuat bukan untuk membatasi tetapi demi menjaga kualitas artikel yang terpublikasi di situs ini. Selain itu, keseragaman gaya bahasa dapat menjaga readibilitas (tingkat keterbacaan) sehingga pembaca akan lebih nyaman dalam membaca artikel di situs ini.