Kenapa Harus Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP?

Buat: 01/14/2013 - 22:27
Kenapa Harus Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP?

Artikel berikut ini akan sedikit narsis dan bersifat curhat tentang perjalanan saya dalam belajar PHP dan menjadikannya sebagai salah satu alat untuk mencari nafkah selama ini.

Berawal dari sebuah Komunitas Blogger yang saya ikuti di kota tempat saya tinggal sekarang yaitu Karawang, saya bertemu seorang rekan yang kebetulan anggota Grup PHP yang kemudian kita bekerja sama pada awal pekerjaan saya sebagai web desainer. Di kemudian hari ketika tuntutan kerja makin banyak, maka saya mulai belajar PHP dengan mencari tutorial di internet dan dua buah ebook yang menjadi panduan saya adalah buatan om Rosihanari serta Om Achmatim.

Singkat cerita meskipun dengan waktu yang cukup lama - sekitar 8 bulan lebih - saya mulai sedikit memahami konsep pemrograman PHP dan mulai membuat aplikasi-aplikasi kecil sebagai ajang latihan. Kemudian saya mulai belajar PHP framework yaitu codeigniter dan salah satu mentor saya adalah om Mulia Nasution. Setelah menguasai dasar Codeigniter saya membuat sebuah web company profile untuk klien.

Perjalanan selanjutnya saya mulai mempelajari Panada Framework hasil karya Om Kandar dan dengan framework ini saya cukup banyak membuat aplikasi bersama rekan saya. kemudian sebagai salah satu testing atas kemampuan saya, saya coba mengisi sebuah lowongan programer di sebuah studio web developer di Jakarta, syukurlah pekerjaan saya bisa diakui dan ini menunjukan kalau saya sudah memiliki kemampuan dasar untuk membuat aplikasi berbasikan web meskipun masih dalam level standar.

Sekarang secara mandiri saya menjadi freelancer untuk web programming dan memberikan layanan jasa SEO (Search Engine Optimization) yang kebetulan sudah saya lakukan sejak lama. Alhamdulillah kegiatan ini bisa menjadi sumber nafkah untuk saya dan keluarga meskipun mungkin secara nominal masih kecil tetapi saya bersyukur karena sudah bisa memenuhi cita-cita saya yang dari dulu ingin menjadi seorang programer.

Semoga saja catatan singkat ini bisa menjadi sebuah motivasi bagi rekan-rekan lain, terutama yang masih muda dan memiliki waktu lebih banyak untuk belajar. Ada banyak peluang dan kesempatan yang kita bisa raih ketika kita bersungguh-sungguh dengan apa yang kita pelajari dan kita cita-citakan. Tidak ada yang sia-sia dengan ilmu yang kita pelajari, sekecil apapun itu.

Kesimpulannya, kenapa kita harus mengunakan PHP? Karena bagi saya ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang bisa dengan cepat saya pelajari dan cepat juga dalam menghasilkan uang. Jadi tetap semangat dan salam PHP Indonesia.

 

About Author

Tentang PHP Indonesia

PHP Indonesia adalah sebuah komunitas untuk semua orang yang mencintai PHP. Fokus utama kami adalah pemrograman menggunakan bahasa PHP, namun tidak menutup kemungkinan pembahasan yang mencakup keseluruhan LAMP stack. Topik bisa dari pemrograman PHP, penanganan memcached, optimasi database, konfigurasi server, tuning server web, application deployment, framework PHP, hosting pilihan dan sebagainya.

Petunjuk Penulisan

Berikut ini adalah beberapa petunjuk penulisan artikel. Petunjuk dibuat bukan untuk membatasi tetapi demi menjaga kualitas artikel yang terpublikasi di situs ini. Selain itu, keseragaman gaya bahasa dapat menjaga readibilitas (tingkat keterbacaan) sehingga pembaca akan lebih nyaman dalam membaca artikel di situs ini.