Apa Peran Anda di Komunitas Ini?

Buat: 09/20/2014 - 19:00
Apa peran Anda di komunitas ini? Komunitas PHP Indonesia

Masing-masing kita tentunya memiliki preferensi tersendiri ketika bergabung dalam sebuah komunitas. Keterlibatan kita lah yang akan membuat komunitas kita yang tercinta ini akan semakin hidup jika masing-masing kita mengambil salah satu atau beberapa peran berikut ini,

#1 Mentor. Adalah member yang senang berbagi dan mengajarkan sesuatu ke anggota lainnya. Pasti ada member yang cukup berpengalaman dan suka berbagi sebagai bentuk aktualisasi diri.

#2 Learner. Adalah member yang lebih suka belajar dari member yang lain. Namun jangan jadi learner abadi, tapi berusahalah untuk bertransformasi menjadi mentor, minimal mengajarkan sedikit hal yang sudah kita pahami.

#3 Greeter. Adalah member yang selalu menyambut dengan hangat para anggota baru, memperkenalkan peraturan dan budaya komunitas dan bahkan bersedia menjadi personal coach agar member lain menjadi betah

#4 Ambassador. Adalah member yang mempromosikan komunitas ini ke pihak luar, dan memperkenalkan komunitas ini ke orang lain yang belum menjadi anggota

#5 Hero. Adalah member yang bisa menjadi role model bagi member lainnya. Biasanya adalah member yang sudah berhasil membangun produk sendiri, atau memiliki keahlian dan spesialisasi di bidang tertentu.

#6 Provider. Adalah member yang selalu siap menjadi tuan rumah dan bahkan take care anggota lain, misalkan ketika ada member dari luar daerah yang berkunjung, atau membantu organize event-event kopi darat.

#7 Decision Maker. Adalah member yang berperan menentukan arah gerak, kebijakan, dan strategi organisasi di komunitas ini, baik secara online maupun offline

Peran manakah yang kamu banget?

About Author

Tentang PHP Indonesia

PHP Indonesia adalah sebuah komunitas untuk semua orang yang mencintai PHP. Fokus utama kami adalah pemrograman menggunakan bahasa PHP, namun tidak menutup kemungkinan pembahasan yang mencakup keseluruhan LAMP stack. Topik bisa dari pemrograman PHP, penanganan memcached, optimasi database, konfigurasi server, tuning server web, application deployment, framework PHP, hosting pilihan dan sebagainya.

Petunjuk Penulisan

Berikut ini adalah beberapa petunjuk penulisan artikel. Petunjuk dibuat bukan untuk membatasi tetapi demi menjaga kualitas artikel yang terpublikasi di situs ini. Selain itu, keseragaman gaya bahasa dapat menjaga readibilitas (tingkat keterbacaan) sehingga pembaca akan lebih nyaman dalam membaca artikel di situs ini.